Jasa Raharja Pastikan Keamanan Penumpang Melalui Ramp Check dan Uji Petik di Terminal Bayuangga Probolinggo

SUARAJATIM - Pada Kamis, 12 September 2024, Jasa Raharja Perwakilan Probolinggo bekerja sama dengan petugas Terminal Bayuangga menyelenggarakan operasi gabungan di Terminal Tipe A Bayuangga, Kota Probolinggo. Tujuan kegiatan ini adalah untuk memeriksa kelayakan operasional bus melalui ramp check, serta memastikan kepastian jaminan untuk seluruh penumpang bus.


Selain itu, kegiatan ini juga melibatkan uji petik terkait masa berlaku Iuran Wajib Kendaraan Bermotor Umum (IWKBU) yang sesuai dengan Undang-Undang Nomor 33 Tahun 1964 tentang Dana Pertanggungan Wajib Kecelakaan Penumpang.

Di samping itu, Jasa Raharja juga menyediakan layanan kesehatan gratis berupa pemeriksaan tekanan darah, kolesterol, gula darah, dan asam urat. Para pengemudi dan kondektur bus juga diberikan obat dan vitamin gratis guna menjaga kebugaran mereka selama bertugas, dengan harapan dapat mengurangi risiko kecelakaan akibat faktor kesalahan manusia (human error).

Galih Ferlandi, Tenaga Ahli Teknis dan Administrasi Bidang Transportasi Darat Terminal Tipe A Bayuangga, menjelaskan bahwa kegiatan ramp check ini bertujuan memastikan kenyamanan dan keselamatan penumpang melalui pengecekan fisik kendaraan, masa berlaku trayek, serta uji KIR. Hal ini dilakukan agar penumpang dapat sampai ke tujuan dengan aman.

Sementara itu, Kepala Jasa Raharja Perwakilan Probolinggo, Noviar Andhika Panji Wiratama, menegaskan pentingnya bagi perusahaan otobus untuk membayar IWKBU tepat waktu. Hal ini bertujuan untuk memberikan kepastian jaminan bagi penumpang yang menggunakan transportasi umum.

“Kepatuhan dalam membayar IWKBU juga akan memberikan dampak positif terhadap citra perusahaan otobus, karena mendukung terselenggaranya transportasi umum yang aman, nyaman, dan terjamin oleh Jasa Raharja,” tambah Noviar.

LihatTutupKomentar