Rampcheck di Terminal Caruban: Upaya Tingkatkan Keselamatan Angkutan Umum

SUARAJATIM – Dalam upaya meningkatkan keselamatan transportasi di jalan raya, Dinas Perhubungan UPT P3 LLAJ Madiun bersama Polres Madiun dan Jasa Raharja menggelar kegiatan pemeriksaan kelengkapan dan kelayakan jalan angkutan umum, khususnya bus, atau yang dikenal dengan istilah Rampcheck (23 Oktober 2024).


Kegiatan ini dilaksanakan di Terminal Caruban, Madiun, dan menjadi bagian penting dari upaya preventif untuk mencegah terjadinya kecelakaan lalu lintas di wilayah tersebut.

Selama kegiatan, petugas memeriksa sejumlah aspek penting pada setiap bus yang datang, mulai dari kelengkapan surat-surat kendaraan seperti STNK, SIM pengemudi, Surat Lulus Uji KIR, Surat Trayek, dan KPS, hingga kondisi fisik bus itu sendiri.

Kondisi ban, lampu, wiper, klakson, serta peralatan keselamatan seperti pemecah kaca dan kotak P3K turut menjadi fokus pemeriksaan. Langkah-langkah ini dimaksudkan untuk memastikan bahwa setiap bus yang beroperasi telah memenuhi standar keamanan yang ditetapkan.

Rudi Elfis, SE., MM., CHCM, Kepala PT Jasa Raharja Perwakilan Madiun, menyampaikan pentingnya kegiatan Rampcheck sebagai upaya antisipatif untuk mencegah kecelakaan.

“Kegiatan ini adalah bentuk pencegahan laka lantas, dengan mengecek kelayakan operasional armada bus. Jangan sampai ada kendaraan yang beroperasi dalam kondisi tidak layak jalan dan tidak memenuhi syarat keselamatan penumpang,” ujarnya.

Selain armada, perhatian juga diberikan pada faktor kesehatan pengemudi. “Kami mengimbau agar pengemudi selalu memastikan kondisi fisik yang prima saat membawa penumpang, demi keselamatan bersama,” tambahnya.

Selain memastikan keselamatan penumpang, kegiatan Rampcheck ini juga diharapkan dapat meningkatkan kesadaran dan perhatian para pemilik dan pengemudi angkutan umum terhadap pentingnya menjaga kondisi kendaraan.

Dengan begitu, keamanan dan kenyamanan para penumpang dapat lebih terjamin, serta angka kecelakaan lalu lintas dapat ditekan.

Diharapkan melalui inisiatif seperti ini, keselamatan di jalan raya dapat lebih terjaga dan menjadikan perjalanan penumpang lebih aman serta nyaman.

LihatTutupKomentar