Jasa Raharja Madiun Ajak Penumpang Ingatkan Pengemudi Melalui Stiker Keselamatan di Bus

SUARAJATIM - Keselamatan transportasi terus menjadi perhatian utama PT Jasa Raharja dalam upaya mencegah kecelakaan lalu lintas. Berbagai inisiatif digulirkan untuk meningkatkan peran serta masyarakat dalam menjaga keselamatan, termasuk melalui kegiatan yang dilakukan Jasa Raharja Madiun di Terminal Caruban Madiun pada Rabu, 23 Oktober 2024.


Dalam kegiatan ini, Jasa Raharja Madiun menempuh langkah sederhana namun berdampak, yaitu memasang stiker di dalam bus yang bertuliskan “Tegur Pengemudi Bila Membahayakan.”

Pesan ini mengajak para penumpang untuk aktif mengingatkan pengemudi jika mereka mengemudikan bus secara ugal-ugalan atau membahayakan. Tujuannya adalah agar masyarakat, khususnya penumpang bus, memiliki peran dalam menjaga keselamatan selama perjalanan.

Kepala Jasa Raharja Perwakilan Madiun, Rudi Elfis, SE., MM., CHCM, melalui Krisna Dwi Arianto selaku Penanggung Jawab Jasa Raharja Samsat Madiun, menjelaskan bahwa pendekatan ini adalah bagian dari socio engineering, di mana penumpang didorong untuk berpartisipasi dalam menjaga keselamatan.

"Dengan himbauan keselamatan ini, kami berharap dapat meningkatkan kesadaran awak angkutan umum untuk menjaga kenyamanan dan keselamatan penumpang," ujar Krisna.

Selain pemasangan stiker, penumpang juga diberikan pemahaman tentang pentingnya Dana Pertanggungan Wajib Penumpang Umum yang sudah termasuk dalam tiket, sebagai bentuk jaminan dari Jasa Raharja.

Langkah sederhana ini diharapkan tak hanya menumbuhkan kesadaran penumpang, tetapi juga mendorong perubahan perilaku pengemudi dan kru bus, yang pada akhirnya meningkatkan keselamatan transportasi di wilayah tersebut.

Dengan kegiatan seperti ini, Jasa Raharja Madiun menunjukkan komitmen nyata dalam menjaga keselamatan transportasi, menjadikan perjalanan lebih aman bagi seluruh masyarakat.

LihatTutupKomentar