Upaya Kurangi Fatalitas dan Kecelakaan Lalu Lintas, Kabupaten Kediri Gelar Forum Diskusi


Suarajatim.com - Forum Komunikasi Keselamatan Lalu Lintas Kabupaten Kediri mengadakan rapat koordinasi lintas sektoral untuk mengidentifikasi dan mengatasi masalah di jalan raya, pada 19/06/2024.

Rapat yang berlangsung di Ruang Rapat Polres Kota Kediri ini dihadiri oleh sembilan stakeholder yang tergabung dalam Forum Komunikasi Keselamatan Lalu Lintas, termasuk Jasa Raharja Kediri, Lantas Polres Kediri Kota, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, Dinas PUPR, Satpol PP, Dinas Lingkungan Hidup Kebersihan dan Pertamanan, KAI, PLN, dan BPBD.

“Forum ini adalah sarana untuk berdiskusi dan membahas berbagai masalah lalu lintas dengan berbagai sektor, dengan tujuan meningkatkan keselamatan berlalu lintas,” ujar Nifar Siahaan, SE, QWP, CRA, Kepala Jasa Raharja Perwakilan Kediri.

Kasat Lantas Polres Kediri AKP Suyono mengungkapkan bahwa angka kecelakaan lalu lintas masih tinggi, baik karena faktor prasarana maupun kesalahan manusia. Oleh karena itu, peran aktif dari semua stakeholder sangat diperlukan dalam upaya pencegahan.

Menurut Suyono, forum ini akan menjadi media untuk diskusi, kolaborasi, dan kerja sama dalam menyelesaikan berbagai persoalan di jalan raya, karena kecelakaan dan kemacetan lalu lintas berdampak pada sektor lainnya.

Dari hasil diskusi, beberapa poin kesepakatan yang dihasilkan untuk pencegahan kecelakaan adalah:
  1. Semua stakeholder sepakat mengedukasi masyarakat tentang keselamatan berlalu lintas.
  2. 2. Melakukan upaya untuk meminimalkan kasus kecelakaan dan menurunkan tingkat fatalitas korban.
  3. 3. Menghimpun stakeholder dalam grup komunikasi Whatsapp untuk monitoring sesuai kapasitas dan fungsinya.
  4. 4. Melakukan normalisasi fungsi jalan raya dengan menghimbau pedagang kaki lima untuk berjualan sesuai regulasi.
  5. 5. Dinas PUPR akan merespon laporan masyarakat terkait jalan berlubang dan segera melakukan perbaikan.
  6. 6. Menjaga keamanan di jalur hijau dengan menebang pohon yang menutupi rambu lalu lintas oleh tim DLHKP Kabupaten Kediri.

Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan setiap stakeholder secara bersama-sama melakukan upaya pencegahan kecelakaan sesuai dengan tugas dan fungsi masing-masing, serta menjadikan forum ini sebagai wadah koordinasi dan komunikasi dalam upaya pencegahan kecelakaan di Kabupaten Kediri.(*)

 

Baca utas Jasa Raharja dari Google News

LihatTutupKomentar