Edukasi Kesadaran Berkendara dan Pajak: Satlantas Polres Ngawi Gelar Operasi Gabungan di Jalan A Yani

SUARAJATIM – Kesadaran akan pentingnya kepatuhan berkendara dan administrasi kendaraan bermotor terus digaungkan oleh Tim Satlantas Polres Ngawi bersama Tim Samsat Ngawi.


Pada Rabu (23/10), di Jalan A Yani, Kabupaten Ngawi, mereka menggelar Operasi Gabungan yang melibatkan Satlantas Polres Ngawi, Bapenda UPT PPD Ngawi, dan Jasa Raharja Ngawi. Operasi ini bertujuan untuk mengedukasi masyarakat akan pentingnya kepatuhan berlalu lintas serta administrasi kendaraan bermotor.

Rudi Elfis, SE., MM., CHCM, Kepala Jasa Raharja Madiun, mengungkapkan bahwa kegiatan ini bersamaan dengan Operasi Zebra Semeru 2024 yang berlangsung hingga 27 Oktober 2024.

“Ini adalah sarana sosialisasi Program Pemutihan Pajak Daerah. Harapannya, masyarakat dapat lebih patuh dan peduli terhadap keselamatan transportasi, tidak hanya saat operasi berlangsung, tetapi juga di luar periode operasi. Selain itu, ini sebagai bentuk ajakan untuk berkontribusi dalam pembangunan daerah melalui pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) dan Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan (SWDKLLJ),” jelasnya.

Menurut data, tingkat kepatuhan masyarakat Kabupaten Ngawi dalam membayar PKB dan SWDKLLJ pada 2023 hanya mencapai kurang dari 60%. Hal ini menjadi perhatian utama Tim Samsat Ngawi, mengingat kontribusi pajak kendaraan sangat signifikan terhadap pembangunan daerah.

Untuk itu, berbagai strategi dilakukan, termasuk sosialisasi di media cetak, online, dan radio, serta kegiatan langsung di masyarakat. Tak hanya edukasi, Tim Samsat Ngawi juga menyediakan layanan pembayaran pajak di lokasi operasi bagi pengendara yang ingin membayar pajak tahunan.

Melalui upaya ini, diharapkan masyarakat Kabupaten Ngawi dapat semakin disiplin dalam berkendara dan turut serta dalam pembangunan daerah dengan menjadi warga yang tertib pajak.

LihatTutupKomentar