Jasa Raharja Pamekasan Pantau Digitalisasi Pembayaran IWKL bagi Operator Kapal Penumpang di Madura

operator kapal penumpang, Madura

Suarajatim.com - PT. Jasa Raharja Perwakilan Pamekasan telah melaksanakan pemantauan implementasi penggunaan aplikasi JRKu modul IWKL pada hari Rabu kemarin. Kegiatan ini bertujuan untuk memantau kemajuan digitalisasi pembayaran IWKL dengan aplikasi JRKu yang digunakan oleh para Operator Kapal di wilayah Madura (20 Maret 2024).

Sebelumnya, pada tanggal 30 Januari 2024, telah dilakukan sosialisasi mengenai aplikasi JRKu modul IWKL. Aplikasi tersebut memberikan kemudahan pembayaran iuran wajib penumpang kapal laut bagi perusahaan operator kapal penumpang di Madura.

Sosialisasi ini dilakukan bersama Divisi Asuransi, Divisi TIK, dan Jasa Raharja Cabang Utama Jawa Timur dengan memberikan penjelasan serta pelatihan penggunaan aplikasi tersebut.

Digitalisasi proses pembayaran IWKL ini mempermudah transaksi yang sebelumnya dilakukan secara manual, menjadi lebih cepat dan praktis karena bisa dilakukan melalui smartphone.

Digitalisasi pembayaran IWKL di Madura memberikan dampak positif bagi banyaknya perusahaan operator kapal di Jawa Timur. Hal ini mendukung aktivitas masyarakat Madura yang sering menggunakan transportasi laut dalam berbagai keperluan, baik di dalam wilayah kepulauan Madura maupun penyeberangan ke daerah lain yang melintasi Selat Madura.

Harapannya, melalui kegiatan pemantauan ini, kepatuhan dan kemudahan dalam penyetoran IWKL oleh operator kapal dapat ditingkatkan, sehingga memberikan perlindungan dasar bagi masyarakat pengguna transportasi kapal laut dari risiko kecelakaan.

Dalam kegiatan pemantauan tersebut, Kepala Jasa Raharja Perwakilan Pamekasan – Madura, Gillang Panjiwijaya, SE. ME. bersama dengan Penanggung Jawab Bidang Asuransi, Harris Oktariawan Nur, SE. MM., dan Petugas Jasa Raharja Sumenep, Arifin Wiradmaja, SPd., berkoordinasi dengan para operator kapal. Mereka meminta para operator kapal untuk lebih memperhatikan aspek keselamatan penyeberangan, seperti memperhatikan kondisi cuaca dan kelengkapan alat keselamatan seperti pelampung agar selalu tersedia dalam jumlah yang cukup.

Menjelang musim mudik Lebaran, terutama bagi masyarakat yang menggunakan moda transportasi kapal penyeberangan, PT. Jasa Raharja tetap berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik, mudah, cepat, dan tepat sebagai bentuk negara yang peduli terhadap korban kecelakaan di alat angkutan umum dan lalu lintas jalan.

Kolaborasi terus dibangun untuk menciptakan kondisi yang aman dan kondusif bagi semua masyarakat Indonesia, khususnya para pengguna transportasi umum di darat, laut, dan udara.

LihatTutupKomentar