Rivan A. Purwantono: Pelayanan Samsat Bertransformasi untuk Meningkatkan Kenyamanan dan Kecepatan

Transformasi Pelayanan, Kenyamanan, Kecepatan, Pajak Kendaraan

Suarajatim.com - Dalam rangka menyambut bulan Ramadhan, Direktur Utama Jasa Raharja, Rivan A. Purwantono, telah melaksanakan serangkaian kegiatan safari ke berbagai daerah (21/3).

Selain menjalin silaturahim dan memberikan pembinaan di kantor Jasa Raharja tingkat cabang, salah satu kegiatan utamanya adalah melakukan tinjauan terhadap kantor-kantor Samsat.

Beberapa kantor Samsat yang menjadi tujuan kunjungan antara lain Samsat Palembang, Samsat Banda Aceh, Samsat Medan Selatan, Medan Utara, dan Samsat Pontianak.

"Kunjungan ini merupakan bagian dari upaya kami untuk memastikan bahwa pelayanan yang diberikan berlangsung dengan baik, mudah, dan cepat," ungkap Rivan.

Selain memperhatikan kemudahan dan kecepatan melalui pelayanan digital, Rivan juga menyoroti revitalisasi sebagian besar kantor Samsat menjadi lebih modern, memberikan kenyamanan kepada masyarakat sebagai wajib pajak. Langkah ini sejalan dengan komitmen Tim Pembina Samsat Nasional untuk terus melakukan inovasi dan transformasi.

"Salah satu inovasi yang kami terapkan adalah mempercepat transisi dari pelayanan manual ke pelayanan digital, dengan harapan dapat mempersingkat waktu proses pelayanan. Saya juga memberikan apresiasi kepada seluruh Samsat yang telah memberikan kinerja pelayanan terbaiknya, sehingga kualitas pelayanan kesamsatan memiliki standar yang sama di seluruh wilayah," tambah Rivan.

Rivan juga memberikan contoh konkrit saat kunjungannya ke kantor Samsat di wilayah Medan, seperti Samsat Medan Selatan dan Medan Utara yang telah memiliki gedung baru. Penerapan service level agreement (SLA) di sejumlah kantor Samsat tersebut dinilainya telah berhasil diimplementasikan, memberikan pengalaman bertransaksi yang mudah bagi masyarakat.

"Dengan peningkatan kenyamanan melalui fasilitas-fasilitas yang disediakan, kami yakin kesadaran dan minat masyarakat untuk membayarkan PKB dan SWDKLLJ akan semakin meningkat," jelasnya.

Jasa Raharja memastikan bahwa upaya-upaya perbaikan dan transformasi pelayanan kesamsatan akan terus ditingkatkan oleh Tim Pembina Samsat Nasional. Diharapkan dengan demikian, pelayanan kepada masyarakat dapat terus membaik, dan kesadaran dalam membayar pajak juga semakin meningkat.

LihatTutupKomentar