Jasa Raharja Upayakan Percepatan Delaying System di Pelabuhan Merak dan Tol Cikampek KM 57

arus mudik cikampek merak

Jakarta, Suarajatim.com - Direktur Utama Jasa Raharja, Rivan A. Purwantono, bersama Kakorlantas Polri, Irjen Pol. Aan Suhanan, Asops Kapolri Irjen Pol Verdianto Iskandar Bitticaca, dan Dirjen Hubdat Kemenhub Hendro Sugiatno, melakukan tinjauan langsung terhadap arus mudik di Pelabuhan Merak dan Tol Cikampek KM 57, pada Sabtu (06/04/2024).


Dalam tinjauan tersebut, rombongan menggunakan helikopter AW-169 yang berangkat dari lapangan Bhayangkara menuju Merak. Di wilayah Banten, mereka meninjau tiga pelabuhan utama, yakni pelabuhan Ciwandan, Merak, dan Bandar Bakau Jaya (BBJ).

Rivan menjelaskan bahwa dari pantauan tersebut, terlihat adanya antrean di km 96. Namun, dia menegaskan bahwa antrean tersebut bukanlah kemacetan, melainkan bagian dari delaying system.

"Guna mengantisipasi kondisi tersebut, seluruh pemangku kepentingan telah melakukan pembahasan dengan syahbandar, ASDP, dan seluruh pihak terkait, untuk mencoba melakukan percepatan, yaitu dengan pola timbang, bongkar, dan berangkat," ujarnya.

Rivan juga menambahkan, "Upaya ini dilakukan untuk lebih mempercepat program delaying system dari 45 menit menjadi lebih cepat sehingga antrean yang 1,8 km tadi semakin berkurang dan masyarakat tidak perlu antre panjang."

"Sabar dulu, nikmati mudik ini dan jangan panik. Tetap ikuti antrean dengan tertib, tidak perlu melanggar lalu lintas agar perjalanan mudik Anda tetap perjalanan yang berkeselamatan," tambahnya.

Kakorlantas Polri, Irjen Pol. Aan Suhanan, juga menegaskan komitmen pihaknya dalam menjaga kelancaran arus mudik hingga arus balik nanti.

"Kami akan terus melakukan pengawasan dan pengaturan lalu lintas guna memastikan keselamatan dan kelancaran perjalanan selama musim mudik ini," tegasnya.(*)

 

Ikuti berita Jasa Raharja di Google News

LihatTutupKomentar